Analisa Kandungan Bahan Makanan

Bidang Study    : IPA Biologi

Pengampu        : Ibu Leony Ari Setya Pratiwi, S.Pd

Materi              : Uji Kandungan Bahan Makanan

Tujuan              : Siswa mengetahui cara menguji kandungan glukosa, amilum, protein,  maupun lemak yang terdapat dalam makanan.

 

BAHAN yang  perlu disiapkan :

 Larutan Benedict

Larutan Biuret

Larutan Lugol/iodium

Kertas Buram

Spiritus

 ALAT

Bunsen + Kasa + Kaki Tiga

Tabung Reaksi

Rak Tabung Reaksi

Pipet Tetes

Glas Beker 200 ml

Plat Tetes

Glas pengaduk

Penjepit tabung reaksi

Besi Dudukan Bunsen

Lumpang + Mortar

 

1.      Pengujian Amilum (Karbohidrat)

Cara Uji :

Untuk pengujian amilum dapat digunakan bahan padat ataupun larutan dalam praktek ini yang diujikan nasi yang sudah dihaluskan dalam lumpang dengan menggunakan mortar, kemudian bahan tersebut ditambahkan dengan 100 ml air sebagai pengencer.Nasi yang sudah dihaluskan atau Tepung Terigu yang ingin diketahui kandungan    amilumnya ditetesi dengan larutan lugol. Jika terbentuk warna biru sampai hitam berarti bahan makanan tersebut positif mengandung amilum.

2. Pengujian Protein

Pengujian protein dengan menggunakan Biuret

Bahan Makanan (Telur, Susu Bubuk, dll) yang akan diuji dihaluskan dalam lumpang dengan menggunakan mortar, kemudian bahan tersebut ditambahkan dengan 100 ml air dimasukkan ke dalam tabung reaksi.

Selanjutnya, larutan tersebut ditetesi dengan 4 tetes pereaksi Biuret. Jika warnanya berubah ungu berarti mengandung Protein.

3. Pengujian Lemak

Bahan makanan yang akan diuji dituangkan ke dalam kertas buram.  Selanjutnya jika terbentuk emulsi putih keruh berarti bahan makanan  yang di uji mengandung lemak.

4. Pengujian Glukosa (Karbohidrat)

Larutan Bahan Makanan yang akan diuji dimasukkan dalam tabung reaksi. Lalu ditetesi dengan Benedict. Larutan yang akan ku uji akan berwarna biru.

Selanjutnya  Kemudian tabung reaksi tersebut dipanaskan, bila warna biru pada larutan berubah menjadi warna jingga (merah bata) berarti bahan pangan tersebut mengandung gula. 

 HASIL KEGIATAN.

Dari kegiatan yang dilakukan oleh siswa kelas VIII yang dibagi menjadi beberapa kelompok, Siswa dapat melakukan penelitian dengan lancar, beberapa percobaan menunjukkan  hasil yang bagus dan sesuai dengan metode yang benar.

Pos ini dipublikasikan di Praktek Biologi. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s